Jumat, 21 Juni 2013

Sama kah Prudential dengan MLM ???

Sungguh sebuah kekeliruan ketika banyak orang memandang negatif agen asuransi. Sikap alergi kepada sebagian agen prudential dimanapun berada merupakan salah satu cermin belum meratanya kesadaran masyarakat untuk berasuransi. Lebih parahnya lagi ada sebagian keluarga yang menyamakan asuransi dengan multi level marketing, padahal jika kita kaji lebih jauh ada perbedaan yang sangat mendasar diantara keduanya.

Multi level marketing juga tidak semuanya buruk, ada sebagian perusahaan MLM yang bagus dan bertanggung jawab. Sekilas mungkin asuransi prudential itu seperti MLM, padahal faktanya tidak demikian. Asuransi prudential bukanlah pola pemasaran berjenjang yang bergantung pada upaya orang orang di bawahnya. Mari kita kupas sedikit perbedaan antara asuransi prudential dengan multi level marketing, mohon dikoreksi jika nantinya ada penjelasan yang tidak tepat. Saya menganggap pembaca bukanlah pakar di bidang asuransi ataupun MLM, kalau kebetulan anda pakar dari salah satunya maka dengan hormat untuk menambahkan keterangan lewat kotak komentar.

Jadi begini pak/bu, ketika anda masuk menjadi salah satu member di perusahaan mlm maka anda akan dikenakan biaya dengan jumlah tertentu. Ketika anda telah terdaftar disana maka anda punya kewajiban untuk menjual produk kepada orang lain, kadang produknya memang ekslusif, jadi tak ada di toko atau pasaran bebas, bahkan untuk belanja pun tak boleh ke sembarang tempat, harus ke stokis atau distributornya. Selain menjual barang atau produk, anda juga punya kewajiban untuk mencari member baru, semakin besar member yang anda miliki maka peluang pendapatan jadi kian besar. Member yang anda rekrut nantinya juga wajib menjual produk dan juga mencari member baru.

Ketika anda mampu merekrut 5000 member untuk bergabung tetapi mereka tak mampu menjual barang, maka hampir bisa dipastikan anda tak akan menerima apa apa, sebab pendapatan anda itu berasal dari hasil penjualan mereka dengan persentase tertentu. Bagaimana jika member member yang anda ajak mengundurkan diri, apakah anda tetap bisa mendapatkan uang dalam jumlah besar, terus apakah uang yang dipakai untuk mendaftar bisa ditarik kembali?

MLM disatu sisi memang menjanjikan masa depan, tetapi disisi lain menimbulkan masalah yang tak ada ujung pangkalnya, makanya jangan heran kalau ada leader mlm dikejar kejar oleh member yang ada di bawahnya. Sekali lagi perlu saya tegaskan tentu ada MLM yang bagus sistemnya tetapi jelas masih lebih bagus asuransi pak/bu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar